Jakarta – PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pupuk Kaltim sukses meningkatkan produksi bawang putih di Sembalun, Lombok Timur, NTB melalui penerapan program Demonstration Plot (demplot) budi daya bawang di kawasan itu.

Melalui siaran pers Pupuk Indonesia di Jakarta, Selasa (22/8) menyebutkan panen raya demplot bawang putih di Desa Sembalun, Lombok Timur, NTB, dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, bersama dengan Asdep Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Purnomo Sinarhadi, Dirut Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, serta Wakil Bupati Lombok Timur, Haerul Warisin.

Melalui program demplot yang merupakan penerapan teknologi dan pola pemupukan berimbang, produktivitas, maka panen bawang putih di Sembalun terbukti meningkat cukup signifikan.”Sejak Maret 2017 kami melakukan kegiatan demplot di Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang di atas lahan seluas 2 hektar. Hasilnya setelah menggunakan pola pemupukan berimbang, produksi bawang putih melonjak saangat signifikan”, jelas Aas.

Dalam demplot tersebut diterapkan beberapa perlakuan berbagai formula pemupukan, dengan mengurangi penggunaan pupuk fosfat karena tanah di diwilayah itu sudah kaya akan fosfat serta ditambahkan dengan pupuk organik.”Hasil formula pemupukan yang terbaik akan kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah sebagai rekomendasi kami untuk budidaya bawang putih di daerah ini selanjutnya”, kata Aas.

Demplot ini merupakan salah satu upaya BUMN menggairahkan kembali budidaya bawang putih di kawasan Sembalun yang pernah berjaya di tahun 80 dan 90-an, namun belakangan mulai ditinggalkan para petani karena kurang menguntungkan.”Setelah melihat rekomendasi dari demplot kami, maka petani bawang putih disini dapat kembali bergairah menanam bawang putih. Dengan produktivitas yang tinggi, mungkin petani akan lebih tertarik menanam bawang putih karena menawarkan keuntungan yang lebih besar,” tegas Aas.

Demplot tersebut juga dilakukan oleh petani setempat di atas lahan mereka sendiri, dan selama berlangsungnya demplot para petani memperoleh bantuan bibit, pupuk, serta pengawalan teknologi dan edukasi untuk menghasilkan produksi yang optimal.”Hasil panen juga sepenuhnya diserahkan kepada petani”, tambah Aas.

Sesuai arahan Menteri BUMN Rini Soemarno, bahwa BUMN siap memberikan dukungan bagi para petani untuk semangat mengembangkan lagi bawang putih. Kegiatan pembinaan petani bawang putih lewat demplot ini sebenarnya juga merupakan bagian dari program CSR anak perusahaan Pupuk Indonesia, yaitu Pupuk Kaltim (PKT).