Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi saat melepas pengiriman beras untuk 4 propinsi.

INDOAGRIBIZ–Merespon kecendrungan meningkatnya harga beras akhir-akhir ini, dan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memenuhi kebutuhan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan pemerintah daerah di 4 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI. Yogyakarta mengadakan bazar beras pada hari Jumat dan Sabtu (12-13/1).

“Bazar pangan ini kita lakukan serentak di 4 provinsi dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat membeli beras dan komoditi lain dengan harga terjangkau,” kata Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Center (TTI-C), sebagaimana dikutip laman resmi Kementerian Pertanian, Selasa (16/1).

Agung melanjutkan kegiatan ini merupakan bentuk sinergi pemerintah untuk menekan harga komoditas pangan khususnya beras yang sedang bergejolak di pasaran.”Bulog melakukan op (operasi pasar), kita melakukan ini (bazar) dengan satu tujuan yang sama yakni menekan harga beras. Perlu diingat, beras yang kita salurkan ini bukan berasal dari stok di Bulog,” ujar dia.

Di sela-sela wawancara dengan awak media, Agung sempat menunjukkan truk yang berisi penuh dengan beras berasal dari Ngawi, Jawa Timur baru saja tiba. Dirinya ingin sekaligus menunjukkan bahwa kondisi saat ini sedang panen dimana-mana dan stok-stok di berbagai lumbung padi dalam proses distribusi ke masyarakat.

Khusus harga beras yang dijual adalah beras medium dengan harga Rp.8.800/kg yang dijual oleh Toko Tani Indonesia (TTI) di 4 provinsi tersebut.

Komoditi lain yang dijual Bawang Merah Rp 18.000, Minyak Goreng Rp 11.000, Gula Pasir Rp 12.000/kg.

Untuk Provinsi DKI Jakarta, bazar pangan akan dilakukan menggunakan Mobil TTI di 11 titik penjualan, yaitu 1. Ps. Pondok Labu, 2. Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), 3. Kelurahan Balekambang, 4. Kecamatan Mampang, 5. Ps. Warung Buncit. 6. Ps. Cipinang Melayu 7. Kelurahan Cilandak Timur, 8. Kelurahan Ragunan, 9. Ps. Cijantung, 10. Ps. Kramat Jati, 11. Kec. Tebet.

Bagi warga DKI Jakarta yang akan belanja dapat mengunjungi salah satu dari 11 lokasi, yang serentak akan dibuka mulai jam 08.00. [moh]

foto : laman resmi Kementan