Jakarta(Indoagribiz). Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti lantik empat Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Auditorium Tuna, Gedung Mina Bahari IV pada Selasa (22/5).

Pelantikan ini merupakan rotasi dari posisi Direktur Jenderal setingkat pejabat eselon 1 di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan, praktis tidak ada nama baru, hanya tukar posisi.

Rotasi ini terdiri dari Nilanto Perbowo sebagai Sekretaris Jenderal, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan; Zulficar Mochtar sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan; Rifky Effendi Hardijanto sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal; dan Sjarief Widjaja sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, sebelumnya Direktur Jenderal Perikanan Tangkap.

Menteri Susi menilai rotasi perpindahan dalam sebuah organisasi merupakan hal yang perlu dilakukan, terutama dalam menempatkan sumber daya manusia sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas. “Pergantian manajemen adalah suatu hal yang biasa dalam perjalanan organisasi. Tentu kita mencari orang yang tepat dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hari ini saya lega melihat tatanan baru di KKP. Saya yakin setiap individu mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatan barunya,” papar Menteri Susi.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran pegawai KKP agar melakukan perampingan anggaran. Mulai dari kebutuhan belanja hingga perjalanan dinas. “Saya harapkan anda semua dengan direktorat masing-masing disesuaikan. Misalnya buat cold storage jumlahnya dikecilkan, tapi ditingkatkan kualitasnya. (DS)

Sumber Foto ; Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)