Para pejabat eselon 1 yang dilantik sedang menandatangani fakta intgritas disaksikan Menteri Amran.

INDOAGRIBIZ–Setelah mengalami kekosongan karena pejabat lama memasuki masa pensiun, akhirnya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melantik Suwandi sebagai Dirjen Hortikultura. Sebelumnya Suwandi adalah Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kementerian Pertanian (Kementan). Pelantikan dilakukan di Auditorium Gedung Kementan, pada Senin (26/3/18).

Selain Suwandi, Menteri Amran juga melantik dua pejabat eselon 1 lainnya yakni Sukur Iwantoro sebagai Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi dan Hari Priyono sebagai Sekretaris Jenderal Kementan. Dua pejabat yang terakhir, Sukur Iwantoro dan Hari Priyono, hanya saling bertukar posisi jabatan.

Menteri Amran berharap para pejabat yang dilantik dapat mengemban tugas dengan baik. “Pergantian dan mutasi eselon 1, khususnya untuk Dirjen Hortiluktura dilakukan lelang secara terbuka. Sebelumnya dirjen lama memasuki masa pensiun,” terang Amran kepada wartawan seusai pelantikan tersebut.

Amran juga berpesan kepada jajarannya untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya dalam memasuki bulan Rhamadlan yang sebentar lagi tiba. “Bapak Presiden meminta agar menjaga produksi sehingga harga dan pasokan sembako dapat  terjaga dengan baik,” ujarnya.

Terkait investasi, Menteri Amran mengungkapkan, sampai saat ini sedikitnya ada 200 Peraturan Menteri (Permen) Pertanian yang dapat menghambat investasi dilakukan deregulasi. Hal ini untuk mendorong agar keran investasi dan ekspor dapat terus didorong. “Bahkan ada 15 regulasi yang dijadikan satu, ini merupakan komitmen kami dalam mendorong investasi dan produksi sehingga mendorong ekspor,” ujar Amran. [nss]