IndoAgribiz – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, Selasa (18/7) melantik 2 orang Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pertanian di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No: 65/TPA Tahun 2017 Tanggal 9 Juni 2017 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pertanian, dua pejabat yang dilantik tersebut adalah Dr.Ir. Agung Hendriadi, M.Eng yang dilantik menjadi kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) menggantikan Garjita Budi. Agung sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan. Selanjutnya adalah Dr.Ir Momon Rusmono, M.S yang dilantik menjadi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembang Sumber Daya Pertanian (BPSDMP) menggantikan Pending Dadih Permana.

“Mulai hari ini kepada pejabat yang dilantik, ciptakan delta di setiap titik, baik di BKP maupun di Badan SDM Pertanian, saya yakin dapat berbuat yang terbaik untuk Kementerian ini ” ujar Amran dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian, Rabu (19/7).

Menteri Pertanian menegaskan bahwa pengangkatan pejabat di Kementerian Pertanian merupakan sebuah sistem yang telah disepakati bersama melalui lelang jabatan yang bebas dari intervensi, korupsi nepotisme dan kolusi.“Mereka menjabat kapan saja bisa diganti, kalau targetnya tidak tercapai maka mereka yang akan jadi target, “ tegas Amran

Dalam sambutanya Mentan mengatakan bahwa saat ini kinerja Kementan sangat terukur serta berbeda dari tahun sebelumnya.“Dulu apabila serapan anggaran tinggi sudah dianggap selesai, sekarang bagaimana anggaran ini dapat efektif dan efisien, sehingga yang dievaluasi adalah produktivitas dari komoditas yang kita tangani, “ jelas Amran

Menteri Pertanian menegaskan bahwa Kementerian Pertanian yang dicitrakan selama ini terkadang kurang bagus namun ternyata sebaliknya.“Pejabatnya semua patuh, profesional, disiplin, pekerja keras dan jujur, peningkatan kinerja Kementan saat ini banyak yang mengapresiasi, itu semua berkat kerja keras seluruh pejabat Kementerian Pertanian, “ ujar Amran.

Menteri Pertanian juga berharap kepada pejabat eselon I yang baru dilantik khususnya Kepala Badan SDM untuk melakukan revolusi mental di bidang pendidikan kepada kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) baik swasta maupun yang telah diangkat statusnya untuk terus dipacu kinerjanya.

Sedangkan kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan yang baru saja dilantik, Agung Hendriadi, Mentan mengatakan bahwa beliau memiliki kinerja yang bagus dan komitmen yang kuat.“Pak Agung tahan banting, saat tengah malam pun beliau selalu siap melaksanakan pekerjaan yang saya berikan, “ kata Amran.

Mentan juga mengingatkan kepada segenap pejabat Kementan untuk terus memacu dan memotivasi anak buahnya untuk disiplin dan patuh terhadap peraturan.“Cek capaian perhari (pagi dan sore) dan bulanan. Kita harus dapat meminimalkan kesalahan, berjuang dan bekerja lebih baik untuk pertanian Indonesia,” tegas Amran

Pada acara tersebut ditandatangani pakta integritas sebagai pedoman para pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pertanian dalam menjalankan tugasnya, antara lain berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.