Jakarta (Indoagribiz). Anggota Komisi X DPR RI Dony Ahmad Munir mengatakan program subsidi pupuk diperlukan guna menunjang produksi pangan khususnya komoditas padi, yang berkualitas baik di berbagai daerah.

“Subsidi pupuk yang merata sangat penting bagi petani,” kata Dony Ahmad Munir dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (15/7).

Menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan itu, subsidi pupuk sangat menentukan pertumbuhan padi dan pasokan beras dari berbagai daerah. Dengan demikian, lanjutnya, maka hal itu juga sangat bermanfaat dalam mewujudkan lumbung padi yang berkualitas baik di Tanah Air.

Dia juga mengemukakan, dalam kunjungannya ke daerah pemilihannya di Jawa Barat, ditemukan bahwa masih belum terealisasinya proyek irigasi yang telah lama diusulkan masyarakat kepada pemerintah. Untuk itu, ia juga menyatakan agar menyampaikan aspirasi tersebut agar kebijakan sektor pertanian yang dikeluarkan oleh pemerintah benar-benar berpihak kepada kalangan petani.

Terkait subsidi pupuk, sebelumnya diwartakan, PT Pupuk Indonesia (Persero) hingga semester I 2017 telah menyalurkan 4,35 juta ton pupuk bersubsidi ke sektor tanaman pangan atau mencapai 46 persen dari target alokasi selama tahun 2017 sebesar 9,55 juta ton.

“Penyaluran pupuk tersebut terdiri atas 1,9 juta ton urea, 1,25 juta ton NPK, 432.000 ton SP36 serta 472.000 ton ZA dan 296.000 ton pupuk organik. Sesuai penugasan dari Pemerintah,” kata Kepala Corporate Communication Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, di Jakarta, Jumat (7/7).

Menurut Wijaya, penyaluran pupuk ke sektor tanaman pangan khususnya pupuk bersubsidi tahun ini relatif baik. Wijaya juga mengungkapkan walaupun secara nasional stok dan penyaluran aman, ada sejumlah daerah yang serapan pupuk oleh petani ternyata cukup tinggi, bahkan melebihi alokasi yang sudah ditetapkan sehingga kadang terjadi kendala distribusi.

Untuk mencegah kekosongan, Pupuk Indonesia mengerahkan upaya ekstra antara lain dengan melakukan realokasi atau mengirimkan tambahan pasokan pupuk dari kota yang menjadi pusat distribusi.