KKP Rangkul Generasi Muda Lestarikan Sumber Daya KP

Jakarta (Indoagribiz)— Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak generasi muda di Sumbawa untuk menjaga kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan. Ajakan tersebut disampaikan melalui program PSDKP Mengajar yang dilaksanakan di Universitas Samawa, Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

“Masa depan kelautan dan perikanan Indonesia, ada di tangan adik-adik semua. Saya mengajak mari kita jaga dan lestarikan,” kata Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, saat menyampaikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Samawa beberapa waktu lalu.

Adin menjelaskan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dianugerahi kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah. Oleh sebab itu, hal tersebut harus dimanfaatkan dengan tetap mempertimbangkan aspek-aspek keberlanjutan dan daya dukung lingkungan agar tetap lestari.

“Apabila kita membiarkan praktik-praktik destructive fishing seperti pengeboman ikan atau penggunaan racun terjadi, maka masa depan sumber daya kelautan dan perikanan akan terancam,” kata Adin, dalam siaran pers, di Jakarta, Senin (27/9)

Adin mengatakan,  NTB menjadi salah satu daerah prioritas pengembangan program prioritas KKP diantaranya kampung lobster, lobster estate, dan shrimp estate. Hal tersebut tentu harus dimbangi dengan kecakapan generasi muda yang ada di NTB untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Suharta mengatakan,  melalui program PSDKP Mengajar, Ditjen PSDKP KKP mendorong keterlibatan generasi muda untuk bersama-sama melindungi sumber daya kelautan dan perikanan. Suharta juga menjelaskan bahwa selain menyasar mahasiswa perguruan tinggi, program ini juga ditujukan untuk siswa sekolah dan anak-anak usia dini.

“Kami berharap generasi muda ini menjadi penggerak dalam mengampanyekan pentingnya menjaga kelestarian kelautan dan perikanan,” ujar Suharta.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono juga menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga dan melestarikan laut Indonesia. Menteri Trenggono juga berharap agar generasi muda Indonesia ikut mengembangkan sektor kelautan dan perikanan.

Seperti diketahui, PSDKP Mengajar yang dilaksanakan di Universitas Samawa tersebut diikuti oleh 200 mahasiswa, rektor dan dosen dari Fakultas Hukum dan Fakultas Perikanan. Selain itu, juga dilakukan kunjungan ke SMKN 1 Alas Sumbawa untuk memberikan motivasi kepada para siswa. (ind)

Sumber Foto. Dok: Humas Ditjen PSDKP