Jakarta(Indoagribiz). Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama IBM gelar acara car free day bertajuk “Lautku Bersih” sekaligus kampanye Gemarikan Minggu 13 Mei lalu di kawasan Bundaran HI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

“Kami mendukung acara yang diusung IBM sebagai upaya mengkampanyekan gerakan makan ikan dan juga menjaga laut, karena dengan gerakan ini harapannya dengan makan ikan masyarakat akan cerdas, sehat, dan turut perduli menjaga laut yang bersih,” ucap Nilanto Perbowo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan saat menghadiri kegiatan Car Free Day (13/5) lalu.

Nilanto menyampaikan, KKP tidak hanya melakukan kampanye Gemarikan dan laut bersih di Jakarta saja, tapi di berbagai wilayah di Indonesia. “Kami siap mendukung kegiatan sejenis di berbagai tempat lainnya tidak hanya di Jakarta, dan kami membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak seperti yang kita lakukan dengan IBM dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, dan membangun kesadaran bahwa makan ikan itu sehat, kuat, dan cerdas,” tandas Nilanto.

Ikut angkat bicara Santi Diamanati Hargianto Ketua Penyelenggara Car Free Day sekaligus Country Manager CC&CSR PT IBM Indonesia, “Kami ingin ikut mendukung KKP untuk mengkampanyekan Lautku bersih, dan event ini hanya salah satu dukungan kami, tak hanya event kami juga sudah buatkan aplikasi android untuk para nelayan agar lebih mudah memasarkan ikannya dan memperoleh pendapatan yang lebih baik,” terang Santi saat ditemui di kegiatan car free day (13/5) lalu.

Acara ini berjalan semarak dihadiri lebih dari 1000 orang, dengan menghadirkan berbagai pengisi acara dari Yayasan Sindroma Down Indonesia/ISDI sekolah Aluna. Kegiatan ini juga didukung oleh Jakarta Aquarium, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, KOWANI, Dispenal AL, PP IPTEK, BNNP DKI, Dinas Lingkungan Hidup, Pemprov DKI, dan berbagai pihak lainnya.

Pada kegiatan ini juga diadakan lomba mewarnai dan menulis surat untuk Presiden. Surat untuk Presiden yang dituliskan anak-anak peserta lomba disampaikan kepada Dirjen PDS yang selanjutnya akan diteruskan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden Joko Widodo. Kegiatan ditutup dengan aksi penandatanganan komitmen turut menjaga lingkungan dari sampah plastik termasuk menjaga lautku bersih. (DS)