INDOAGRIBIZ–Inspektur I Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Susanto melakukan tanam bersama di lahan Gapoktan Wira Usaha Kelurahan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (13/10). Tanam bersama pada lahan seluas 266 ha tersebut merupakan bagian dari upaya percepatan tanam padi pada musim tanam Oktober-Maret 2017/2018.

Susanto mengungkapkan, apa yang dilakukannya bersama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah, unsur TNI dari Kodim 0411, dan penyuluh pertanian merupakan dukungan menuju kedaulatan pangan Upaya Khusus Padi, Jagung, dan Kedelai (Upsus Pajale) di Kabupaten Lampung Tengah.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian TPH Lampung Tengah Dini Novianti mengungkapkan, Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi cukup besar dalam pembangunan pertanian, khusunya tanaman pangan.

Menurut Dini, Kabupaten Lampung Tengah pada bulan Oktober 2017 menargetkan luas tambah padi seluas 6.674 hektar, sampai dengan tanggal 11 Oktober sudah terealisasi seluas 3000 hektar atau sebesar 44,95%.

Pada saat yang bersamaan di Kabupaten Lampung Timur, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim melaksanakan tugas perdana kedelai dalam rangka pencanangan Gerakan Tanam Kedelai tahun 2017 yang dipusatkan di Desa Pematang Tahalo, Kecamatan Jabung Lampung Timur. Target tanam kedelai di Kecamatan Jabung pada tahun 2017 seluas 500 ha atau 44,67% dari target kabupaten seluas 1.200 ha.

Kegiatan tugas perdana tersebut juga dihadiri pula Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Provinsi Lampung, Indriatmoko, mewakili Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kadis Pertanian dan Lampung Timur M. Yusuf HR, Dandim 0411 Lampung Tengah, Jajang Kurniawan serta perwakilan Inspektur I sebagai Penanggung Jawab Upsus Lampung Timur.

Selain melakukan tugas perdana, Bupati Lampung Timur juga secara simbolis membagikan bantuan berupa alsin, sumur bor, dan benih yang berasal dari dana DAK, APBN maupun APBD kepada perwakilan petani penerima.

Dalam kesempatan tersebut, Chusnunia mengungkapkan, pihak Pemkab Lampung Timur akan terus mendorong peningkatan produksi pertanian, khususnya tanaman pangan dengan bekerja sama dengan pihak Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Lampung serta stakeholder lainnya. “Asalkan tujuan akhirnya untuk kesejahteraan petani, tentu saja akan kami fasilitasi,” terang dia.

Sebagai bentuk komitmen mendukung usaha pertanian, Chusnunia menjanjikan akan memberikan tambahan sarana pertanian pada tahun anggaran 2018. (MOH)

Sumber foto : laman resmi Kementerian Pertanian