Kementan Bersyukur Sektor Pertanian pada 2020 Tumbuh Positif

Jakarta (Indoagribiz). Kementerian Pertanian (Kementan) bersyukur sektor pertanian terus mampu menjaga tren positif kontribusinya pada ekonomi nasional. Berita statistik BPS mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) pertanian pada kuartal IV 2020 tumbuh sebesar 2,59 persen (yoy), dan pada pertumbuhan ekonomi sebesar 1,75 persen (yoy) merupakan indicator posotif di sektor pertanian.

“ Hal ini dikarenakan petani kita tak henti berkontribusi buat ekonomi nasional. Kami di Kementan membantu mereka menjaga tetap bekerja dengan segala kemampuan yang ada,” ungkap  Kepala Biro Humas dan Informasi Publik kementan Kuntoro Boga Andri, di Jakarta, Selasa (9/2).

Menurut Kuntoro, Kementan mengucapkan terima kasih tak terhingga pada para petani, ditengah lesunya ekonomi dan ancaman pandemi. Pada tahun 2020 dilalui dengan tidak mudah, mulai dengan munculnya beberapa permasalahan dalam produksi hingga pemasaran yang terhambat pembatasan jalur distribusi.

“Petani kita sangat hebat dan tangguh. Kami akan terus jaga momentum ini di 2021 agar kontribusi sektor pertanian terjaga, bahkan bisa meningkat. Berbagai masalah 2020 kita selesaikan agar tidak menghambat produksi,” kata Kuntoro.

Seperti diketahui, Kepala BPS Suhariyanto mencatat peningkatan sektor pertanian dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah komoditas tanaman pangan yang mengalami pertumbuhan sebesar 10,47 persen. Ini terjadi lantaran adanya peningkatan luas panen dan produksi padi, jagung, ubi kayu serta cuaca yang mendukung.

“Kemudian komoditas hortikultura juga tumbuh 7,85 persen karena permintaan buah-buahan dan sayuran selama pandemi covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, Suhariyanto menyampaikan bahwa komoditas perkebunan juga tumbuh 1,13 persen dengan komoditasnya berupa kelapa sawit. (ind)