Indoagribiz.com. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas ekspor 5.600 ton bawang merah ke Thailand dengan nilai 8,5 juta dolar AS atau setara Rp100 miliar.

12 kontainer ekspor bawang merah ke Thailand tersebut merupakan prestasi pembangunan pertanian karena Indonesia mampu membalikkan keadaaan yang dahulunya impor bawang merah dari negara tersebut.

“Pada tahun ini kita ekspor ke Thailand. Nah, ini kita manfaatkan momentum kebangkitan nasional. Ekspor ini kita persembahkan pada hari kemerdekaan ini. Tidak ada lagi kata impor, tetapi kita
terus ekspor,” kata Amran pada pelepasan ekspor di Brebes melalui
keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (18/8).

Pada tahun 2014, kata Amran, impor bawang merah dari Thailand sebanyak
72.000 ton, pada tahun 2015 turun 17.000 ton, kemudian pada tahun 2016
tidak ada impor. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejak Januari hingga Juli 2017 Indonesia telah mengekspor bawang merah ke
beberapa negara mencapai 657,3 ton.

Sebelumnya, pada tahun 2016, total ekspor bawang merah sebanyak 735,7
ton dan tidak ada impor. Negara tujuan ekspor bawang merah dari Indonesia terbanyak, antara lain, ke Thailand, berikutnya Vietnam, Taiwan, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.

Waktu ekspor dilakukan pada bulan Juli hingga Oktober, saat produksi dalam negeri relatif overproduksi. Sentra bawang merah yang memasok
pasar ekspor, antara lain, Brebes, Cirebon, dan Kabupaten Bima.

Adapun capaian produksi bawang merah nasional pada tahun 2016 mencapai
1,45 juta ton atau naik 18 persen dari produksi pada tahun 2015. Begitu pula, luas tanam naik 22,5 persen mencapai 149,6 ribu ha dari luas tanam pada tahun 2015.

Sementara itu, pada periode Januari hingga Juni 2017, produksi bawang
merah sebesar 594 ribu ton. Diperkirakan total produksi bawang merah pada tahun 2017 naik mencapai 1,68 juta ton, sedangkan kebutuhan sebanyak 1,25 juta ton.

Selain Brebes, kata dia, lokasi sentra bawang merah terdapat, antara
lain, di Cirebon, Bandung, Majalengka, Garut, Demak, Tegal, Nganjuk,
Probolinggo, Sampang, Pamekasan, Bima, Sumbawa, Lombok Timur, dan
Tapin.

Pada pelepasan ekspor itu, Mentan didampingi Pangdam IV/Diponegoro
Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro
Kirono, Bupati Brebes Idza Priyanti, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, Deputi Bidang Pertanian Menko Perekonomian Muzadalifah, dan Dirjen Hortikultura Kementan Spudnik Sujono. (MOH)

Foto : laman kementan