Sagu (foto backpacker jakarta)

INDOAGRIBIZ–Pemerintah perlu meningkatkan produksi dan pemasaran komoditas sagu seperti yang terdapat di kepulauan Meranti, Provinsi Kepulauan Riau.

“Harapan ke depan agar sagu ini bisa dipromosikan, ditingkatkan budidayanya, dan dibuat kreasi-kreasi,” kata anggota Komisi IV DPR RI Effendy Sianipar dalam rilis yang dikirimkan, Rabu (27/9).

Sebagaimana diketahui, Effendy bersama-sama dengan sejumlah anggota Komisi IV DPR telah mengunjungi kepulauan Meranti, Kepri, salah satunya dalam rangka untuk meninjau perkebunan sagu.

Politikus PDIP itu berpendapat bahwa produksi sagu di Meranti masih belum maksimal karena sejumlah kendala seperti teknis pengolahan hingga pemasaran. “Kendala pertama teknis pengolahan perlu adanya pelatihan-pelatihan, kedua teknik budidaya, dan juga pemasaran,” papar Effendi.

Ia juga mengingatkan bahwa masih banyak warga yang belum mengetahui bahwa sagu dapat diolah menjadi beragam makanan sehat. Selain itu, ujar dia, sagu juga bisa menjadi alternatif pangan bahan pokok sehingga juga bisa dijadikan sebagai pengganti dari beras.

Untuk itu, pihaknya juga bakal melihat berbagai kendala tersebut dan memberi masukan kepada pemerintah agar dapat memaksimalkan baik produksi maupun pemasarannya sehingga sagu juga bisa menjadi salah satu komoditas unggulan pertanian. [MOH]