INDOAGRIBIZ–Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan pihaknya mendorong penggunaan alat dan mesin pertanian lokal yang tidak kalah mutunya dengan buatan luar negeri, sebagai upaya meningkatkan kecintaan terhadap produksi yang dibuat anak bangsa sendiri.

“Penggunaan Alsintan produk lokal juga akan memudahkan petani mencari ‘spare part’ (suku cadang) mesin jika di kemudian hari mesin yang digunakan rusak. Sementara kalau produk impor, biasanya susah dicari ‘spare part’ mesinnya jika mengalami kerusakan,” kata Daniel Johan dalam rilis, Sabtu (4/11).

Menurut Daniel, penerapan produk lokal dinilai memiliki beragam manfaat seperti meningkatkan penyerapan banyak tenaga kerja, secara langsung mengurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan penghasilan petani dan anggota keluarganya, serta meningkatkan kebanggaan terhadap produk nasional. “Bangga terhadap produk-produk lokal, produk-produk dalam negeri, akhirnya akan meningkatkan kecintaan kita terhadap tanah air,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kementerian Pertanian juga telah “merayu” generasi muda agar semakin banyak yang mau menjadi petani di berbagai daerah sebagai upaya mewujudkan visi pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Sebelumnya Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi di Pontianak, Kalimantan Barat, mengingatkan fakta di semua belahan dunia ditemukan jumlah petani muda menurun, yang tersisa petani berusia tua.

Menurut Agung Hendriadi, penurunan jumlah pemuda petani tersebut karena banyak generasi muda yang bermigrasi dari desa karena tidak tertarik bekerja di lahan pertanian sehingga beralih ke sektor lainnya.

Ia berpendapat anak muda pada saat ini tertarik pada sesuatu yang memiliki nilai tambah serta memiliki sentuhan teknologi yang selaras dengan perkembangan era global. Agung menuturkan aspek teknologi akan meningkatkan margin keuntungan karena teknologi dapat memproduksi hasil yang maksimal dengan tenaga yang relatif kecil.

Selain itu, ujar dia, berbagai pihak juga harus mampu menjamin harga jual dari produksi pertanian dalam negeri memiliki tingkat harga jual tinggi agar banyak generasi muda yang tertarik. [MOH]