INDOAGRIBIZ–Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mendorong pemerintah mewujudkan gagasan sawah wisata sehingga menjadikan kawasan persawahan mendapat perlindungan serta berkelanjutan.

“Gagasan untuk membuat area persawahan dan perkebunan menjadi daerah wisata ini sudah diimplementasi oleh beberapa kepala daerah seperti Magelang, Salatiga, Batu dan beberapa wilayah lain,” kata Andi Akmal Pasluddin dalam rilis di Jakarta, Kamis (15/3).

Menurut Akmal, sawah wisata sangat menarik karena juga dapat menerapkan prinsip dalam UU No 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Politisi PKS itu berpendapat, program agrowisata daerah persawahan dan perkebunan terutama daerah perkotaan sangat efektif untuk menekan laju konversi lahan.

Ia mencontohkan pada area sawah yang pasti memiliki pematang yang dimodifikasi sebagai jalur sepeda, akan memberikan nilai tambah pemilik lahan sawah sekaligus memfasilitasi pencari kebahagiaan pada segmen penghobi sepeda dan jogging.

Akmal mencontohkan pada wilayah perkebunan kopi yang di dalamnya ada jalur bersepeda dan jogging di daerah Magelang dan Salatiga, di mana daerah itu menjadi perburuan masyarakat yang penat dengan suasana rutin pada pekerjaan sehari-hari.”Aroma alam sekitar perkebunan menjadi kekuatan daya tarik tersendiri untuk mendatangi agrowisata ini,” ucap dia.

Sedangkan di daerah Batu, kecamatan Bumiaji, lanjutnya, juga ada kampung wisata strowberi tepatnya di desa Pandan. Dia mengemukakan bahwa pemerintah pusat dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah kota untuk serius menjadikan program ini menjadi program nasional. (moh)