Pelantikan taruna baru Poltek Karawang dan Poltek Pangandaran di kampus Poltek Karawang.

INDOAGRIBIZ–Membangun laut adalah membangun SDM-nya. Hal inilah yang kerap kali diserukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam tiap kesempatan. Ia berkomitmen mencetak SDM handal yang dapat berperan untuk pembangunan sektor kelautan dan perikanan untuk menjaga kedaulatan laut dan keberlanjutan.

“Kami mencetak para lulusan taruna- taruni kelautan dan perikanan yang nantinya akan menjadi punggawa untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ucap Kepala Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Zulfikar dalam sambutannya yang diwakili Kepala STP Muhammad Heri Edy, pada pelantikan Taruna Poltek Karawang dan Taruna Poltek Pangandaran di kampus Poltek Karawang, Kamis (21/12/17).

Sebagai informasi, KKP telah memiliki 3 Poltek KP baru yang telah selesai dibangun pada 2016 lalu yakni Poltek KP Kupang, Poltek KP Bone, dan Poltek KP Karawang. Pada pelantikan di kampus Poltek Karawang kali ini adalah untuk angkatan II Politeknik KP Karawang dan angkatan I untuk taruna Politeknik KP Pangandaran.

Ada 150 orang taruna baru yakni 75 taruna dari Poltek KP Karawang dan 75 taruna dari Poltek KP Pangandaran. “Upaya mencetak SDM kelautan dan perikanan handal terus kami lakukan dengan meluluskan ribuan lulusan kelautan dan perikanan setiap tahunnya,” katanya.

Ia menjelaskan, taruna taruni yang dilantik merupakan hasil dari seleksi panjang dari ratusan anak bangsa yang melamar. “Dari yang mendaftar skitar 250 orang di setiap Poltek KP Pangandaran maupun Poltek KP Karawang, dari 75 yang terpilih 35 orang adalah anak pelaku utama kelautan dan perikanan,” tandas Zulfikar.

Menurut Zulficar, secara keseluruhan terdapat 6.603 peserta didik di satuan-satuan pendidikan BPSDMP KP tahun ini. Mereka mengikuti pendidikan di 1 Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di 5 kampus, 3 Poltek KP, dan 9 Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri.

Ia juga menekankan, para taruna KP tersebut akan dibekali 3 aspek yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif yang harus ada ketiganya untuk mencetak SDM yang handal dan berintegritas.

Selain 3 aspek tersebut, Zulfikar meyakinkan bahwa taruna – taruniĀ  Poltek KP akan dididik untuk memiliki 5 unsur penting yang wajin dimiliki SDM kelautan dan perikanan, yakni memiliki kualitas moral, kualitas ilmu pengetahuan, kualitas kerja keras serta disiplin, kualitas hubungan sosial yang ramah, dan kualitas jasmaniah yang prima.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga SDM di sektor KP, saat ini Poltek KP Karawang memiliki 3 jurusan program studi yakni teknik kelautan, teknik penangkapan, dan teknik pengolahan produk perikanan.

Pada gelaran pelantikan taruna Poltek KP Karawang dan Poltek KP Pangandaran juga dihadiri para orang tua taruna dan jajaran pejabat daerah Karawang dan Pangandaran di antaranya Bupati Pangandaran dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dan Bupati Karawang yang diwakili Asda II. (dia)