INDOAGRIBIZ–Kabar gembira bagi seluruh masyarakat, Kota Bogor khususnya, telah dibuka kembali Museum Tanah Indonesia yang sempat tidak beroperasi selama dilaksanakannya renovasi gedung dan fasilitas penunjang museum. Kini Museum Tanah Indonesia menempati komplek gedung yang terdiri dari empat bangunan dilengkapi dengan perpustakaan, sinema, penginapan bahkan area playground untuk anak anak.

Soft launching museum tanah Indonesia ini dilakukan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Bogor, Selasa (5/12).

Amran mengatakan, Keberadaan Museum Tanah Indonesia menjadi sangat penting khususnya untuk mendokumentasikan berbagai jenis tanah dan bebatuan yang ada di Indonesia. Kemudian dapat dijadikan sarana edukasi, penelitian dan wisata bagi para peneliti, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Dengan mengenal tanah di Indonesia, maka berbagai inovasi teknologi pertanian dapat diciptakan khususnya untuk efisiensi dan peningkatan produksi pertanian,” ujar Amran saat memberikan sambutan, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian, Kamis (7/12).

Untuk menjadikan museum tanah tersebut secepatnya menjadi pusat ilmu pengetahuan, Amran mengingatkan agar museum ini sebagai wadah penelitian. “Enam bulan lagi ke sini saya minta alat jadi, menjadi bersinergi. Dengan adanya musium ini, mudah-mudahan menjadi awal kebangkitan pertanian dan menjadi tombak pertanian dimana muncul nya teknologi dan inovasi baru untuk pertanian,” pungkas dia.

Untuk diketahui, lokasi museum tanah sangat strategis yakni di pusat kota dan mudah dijangkau yaitu diĀ jalan Ir. H. Juanda No.98 Kota Bogor. Karena itu, keberadaan Museum Tanah Indonesia akan menambahkan semarak dan melengkapi Kota Bogor yang telah lama dikenal sebagai ikon pariwisata di kota Bogor. Museum Tanah Indonesia melayani pengunjung setiap hari senin-jumat mulai pukul 08.30 – 15.00 WIB. [moh]

Foto: laman resmi Kementan